Branchless Banking

[klikbri.com] 12/10/2014

●●●●●●●

Branchless Banking

Branchless Banking

Layanan perbankan tanpa kantor, mendayagunakan segala potensi dan modal yang ada untuk kemajuan perekonomian bangsa, sudah selayaknya dilakukan secara berkelanjutan. (Gerai Info BI edisi 39)

Jadi, Branchless Banking ini layanan jasa perbankan bagi nasabah bank yang dilakukan di luar jaringan kantor bank melalui kerjasama pemanfaatan jaringan teknologi informasi dengan perusahaan telekomunikasi dan atau kerjasama dengan agen yang bertindak untuk dan atas nama bank dalam rangka memperluas jangkauan layanan perbankan dan mendorong terwujudnya keuangan inklusif.

Ada beberapa elemen yang saling terkait :
1. IT, teknologi informasi yang disediakan oleh pihak bank dengan e-banking / e-channel nya, diantaranya menggunakan internet banking, mobile banking, EDC dan lainnya. Juga pemanfaatan dari Telco (telecommunication company) atau operator / vendor telepon seluler, yang produknya sangat melekat dengan masyarakat.

2. AGEN, adalah pihak ketiga yang punya outlet atau sebagai merchant.

3. MARKET, target atau sasarannya adalah masyarakat yang “unbanked” yang mendominasi di Indonesia.

Dengan harapan masyarakat yang “unbanked” dikarenakan faktor administratif (secara finansial paling bawah) ataupun faktor geografis (jauh dari lokasi kantor bank) yang sama-sama tidak memungkinkan mendatangi kantor bank, akan menjadi “underbanked”, terlayani oleh produk dan jasa perbankan.

Diantaranya adalah harus bisa melakukan :
– Payment / pembayaran.
– Purchase / pembelian
– Transfer / Remittance
– Saving / Menabung
– Loan / Pinjaman

Tags: ,

•●•